Membuat Gaji Karyawan dengan rumus microsoft excel

kali ini saya akan mencotohkan cara menghitung gaji karyawan dengan rumus microsoft excel

1. masukan dahulu data data karyawan seperti dibawah ini, dan dalam kasus kali ini berikut data datanya
  • Gaji Pokok yang diberikan = perkalian GOL dengan NIM, kemudian dibagi 1000
  • tunjangan suami/istri jika :
    • status menikah adalah Y maka 10% gaji pokok
    • status menikah adalah T maka 0
  •  Tunjangan Anak jika :
    • jumlah anak <=3, maka 5% dari jumlah anak dikali gaji pokok
    • jumlah anak >3 maka 5% dari 3kali gaji pokok
  • Tunjangan Masa Keja, jika
    • masa kerja <1, maka tidak ada tunjangan
    • masa kerja 1-3, maka 10% gaji pokok
    • masa kerja 4-6, maka 20% gaji pokok 
    • masa kerja 7-9 maka 30% gaji pokok
    • masa kerja > 9 maka 40% gaji pokok
  • Total Gaji = gaji pokok + semua tunjangan

2. masukan rumus tersebut untuk menghasilkan gaji pokok, cukup lakukan pada 1 cell saja, sisanya kita bisa menggunakan trik dengan cara klik pada cell yg sudah berhasil dimasukan rumus kemudian klik pada pojok kanan bawah cell tahan dan tarik sampai cell terakhir


3. Tuliskan rumus tersebut pada cell h9 untuk mendapatkan hasil dari tunjangan menikah


4. Tuliskan rumus tersebut pada cell I9 untuk mendapatkan hasil dari tunjangan anak


5. Tuliskan rumus tersebut pada cell j9 untuk mendapatkan hasil dari tunjangan masa kerja

6. Tuliskan rumus tersebut pada cell k9 untuk mendapatkan hasil dari Total Gaji


0 komentar:

Posting Komentar